Ini Dia Tips Melatih Anak Dalam Menggambar

Menggambar merupakan aktivitas naluriah yang digemari semua anak usia dini di seluruh dunia. Anak-anak tersebut dianugerahi kesenangan menggambar sejatinya untuk merangsang otak dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial yang tengah berkembang pesat pada usia tersebut. Naluri menggambar ini sudah terlihat sejak anak-anak mulai gemar menggoreskan sesuatu ke permukaan, apakah tanah, lantai, kertas, maupun dinding. Kesenangan mereka semakin besar saat gambar yang dibuat terlihat nyata karena media gambar yang digunakan, seperti pensil atau crayon. Seringkali tembok kosong menjadi sasaran anak untuk dijadikan media menggambar. Kita menyebutnya corat-coret di tembok, tetapi para ahli seni rupa justru mengelompokkan jenis lukisan ini sebagai mural, yaitu lukisan yang tertera di dinding. Oleh karena itu, memberi media untuk menggambar anak dirasa lebih penting daripada sekadar melarang anak berkreasi di dinding. Pasangi dinding kamar anak dengan wallpaper kamar anak dan beri mereka buku gambar.

Kebanyakan orang tua tidak menyadari arti pentingnya menggambar dalam perkembangan kecerdasan dan imajinasi anak. Mereka kebanyakan beranggapan bahwa menggambar hanya perbuatan tak berguna karena hasil gambar anak yang menurut mereka tidak bagus. Penting dipahami, bahwa aktivitas menggambar anak lebih ditekankan pada pengembangan imajinasi yang dituangkan pada lukisan. Imajinasi ini sebagai dasar dalam berkreativitas dan lebih mandiri serta mampu menyelesaikan masalah. Jadi yang ditekankan pada gambar anak lebih kepada “jalan cerita” pada gambar itu, bukan kesempurnaan proporsi dan perspektif. Wallpaper dinding kamar anak sebenarnya juga menampilkan imajinasi ini yang diilustrasikan melalui gambar binatang yang bertingkah layaknya manusia dengan senyum manisnya. Bisa juga dalam bentuk gambar bintang di langit yang memiliki mata dan mulut.

Tips Melatih Anak Menggambar

Menggambar memang penting bagi motorik dan pengembangan imajinasi, lalu bagaimana cara melatihnya, mengingat tidak semua orang tua memiliki kemampuan melukis? Melatih anak dalam menggambar sejatinya berbeda dengan melatih anak yang  berbakat melukis untuk menjadi artis pelukis. Semua orang pada hakikatnya dapat melatih anak dalam menggambar tanpa memperdulikan segala teori seni rupa. Lihatlah wallpaper kamar anak yang penuh gambar tidak masuk akal. Mulai latihlah anak Anda menggambar dengan mengesampingkan proporsi, perspektif, estetika, tekstur,  dan teori seni rupa yang lain.

1. Jalan Cerita

Ambil 2 buku gambar dan menggambarlah bersama anak disertai dengan jalan cerita. Mulailah dengan cerita yang dialami bersama saat piknik ke kebun binatang atau aktivitas lainnya. Gambarlah setiap tokoh yang diceritakan berikut kegiatan yang dilakukan tokoh tersebut. Gambar semua cerita yang ada di imajinasi ke dalam buku gambar dan biarkan anak mengembangkan imajinasinya sendiri. Jangan ikut campur tangan terhadap imajinasi anak, biarkan dia menggambar sesuai dengan imajinasi dan perasaan hatinya.

2. Menggambar Objek

Jika anak sudah terbiasa menggambar sesuai dengan perasaannya, saatnya melatih menggambar objek. Anda tidak harus pandai menggambar di sini, karena yang melukis adalah anak. Mintalah anak untuk menggambar lingkaran sempurna dan beri pujian setelah objek selesai digambar. Minta lagi agar mengambar objek yang sama berkali-kali hingga objek yang digambar tampak mendekati sempurna. Anda juga dapat meminta anak menggambar objek kotak, garis lurus tanpa penggaris, atau garis lengkung. Lakukan ini berulang-ulang hingga anak lentur dalam menorehkan alat gambar.

3. Mewarnai

Mintalah anak agar mewarnai objek dengan alat gambar berwarna secara penuh tanpa melintasi garis. Bila perlu, mewarnai bersama anak dan biarkan anak melihat cara mewarnai. Sesekali perlihatkan wallpaper dinding kamar anak sebagai referensi dalam mewarnai. Kemampuan anak dalam mewarnai hingga tidak melintasi garis inilah petunjuk kemampuan imajinasi dan emosi anak telah berkembang dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *