Insipirasi Interior Modern Minimalis dari Interior Gedung – Gedung Tahan Gempa di Jepang

Modernisasi Jepang di segala bidang sudah diakui dunia. Produk-produk asal Jepang terkenal dengan berbagai inovasi dan kualitasnya yang memiliki mutu terjamin. Mulai dari barang-barang elektronik seperti AC dan televisi, furniture seperti tempat tidur, lemari multifungsi hingga material bangunan.

Di tengah berbagai kemajuan teknologi yang diterapkan dalam berbagai kehidupan. Jepang dikenal juga sebagai negara seribu bencana. Bencana alam sudah bukan hal asing bagi warga Jepang. Gempa adalah salah satu bencana alam yang sering melanda Jepang. Maka jangan heran, jika Anda berkunjung ke Jepang dan terjadi gempa, setiap warganya akan tetap menguasai diri dan bersikap tenang.

Karena itulah, arsitektur gedung-gedung di Jepang, baik dari segi eksterior maupun interior, sangat mengutamakan fungsi dan kepraktisan. Dari aspek dekorasi ruangannya misalnya, vertical blind murah dimanfaatkan sebagai media untuk menyingkap jendela.

Bukan hanya itu, faktor keamanan juga sangat diperhatikan. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir korban jiwa ataupun harta akibat terjadinya bencana.

Penggunaan Struktur Kayu Pada Berbagai Furnitur

Pengguanaan struktur kayu pada material bangunan atau dekorasi ruangan termasuk yang paling banyak digunakan pada bangunan di Jepang. Hal ini berdasarkan fakta bahwa bangunan yang terbuat dari struktur kayu seperti kuil, nyatanya cukup tahan gempa. Oleh karena itu, penggunaan kayu dan tanah liat banyak didapati di bangunan Jepang.

 

Salah satu furnitur yang dapat dijadikan inspirasi adalah rak buku kayu yang dirakit menempel langsung pada tembok. Sehingga tidak ada resiko lemari jatuh menimpa saat terjadi gempa. Selain itu, berbagai lemari, meja dan struktur bangunan lainnya sangat banyak mendominasi interior gedung di Jepang.

Dekorasi Minimalis Fungsional di Ruang Kantor

Jepang sebagai pusat modernisasi juga tergambar dari desain interior ruangannya yang minimalis dan sangat fungsional. Furniture yang digunakan umumnya dengan desain yang terlihat manis dan sederhana, namun memiliki fungsi maksimal. Unsur kayu lagi-lagi juga digunakan pada meja, lantai dan dinding.

 

Selain itu, ruangan gedung kantor di Jepang cenderung rapi dan bersih karena tidak banyak disesaki barang-barang yang tidak diperlukan. Pencahayaan juga menjadi unsur penting pada gedung di Jepang. Untuk mendapatkan pencahayaan alami yang maksimal, gedung-gedung di Jepang memiliki jendela yang besar. Jendela besar tersebut hadir dengan vertical blind sebagai dekorasi pelengkap.

Baca juga: Mau Pakai Lantai Kayu? Kenali Dulu Plus Minusnya!

Perpaduan Sentuhan Tradisional dan Modern di Kamar Mandi

Arsitektur dan dekorasi yang melibatkan unsur kayu, dipadukan dengan berbagai peralatan elektronik modern yang otomatis. Hal itu merupakan gambaran umum yang banyak didapati pada interior gedung-gedung di Jepang. Tidak hanya di lobby, kamar hotel atau ruang kerja. Bahkan kamar mandi dan toiilet pun tidak lepas dari modernisasi.

 

Kamar mandi dan toilet di Jepang merupakan hal yang sangat menarik untuk dijadikan inspirasi. Toilet Jepang terkenal sebagai toilet yang paling modern di dunia. Ada beragam toilet Jepang dengan berbagai kelebihan. Misalnya toilet yang mengeluarkan suara musik, atau yang dudukannya menghangat saat musim dingin, dan lain sebagainya.

Memiliki budaya mandi di alam terbuka seperti onsen (pemandian air panas). Maka tidak jarang, bangunan mewah pun memiliki jendela yang cukup lebar di kamar mandi. Jendela ini dilengkapi vertical blind yang memberikan sentuhan modern. Vertical blind berfungsi untuk mengatur seberapa banyak pemandangan di luar ruangan yang ingin Anda lihat.

Hampir semua gedung di Jepang menggunakan vertical blind sebagai pelengkap jendela yang besar. Vertical blind bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko dekorasi modern secara langsung ataupun online. Harga vertical blind berkisar di antara Rp. 96 ribu /m2 sampai Rp. 125 ribu/m2. Tergantung warna dan bahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *