Mau Pakai Lantai Kayu? Kenali Dulu Plus Minusnya!

Untung dan Rugi Memakai Lantai Kayu

Lantai kayu menjadi salah satu jenis desain lantai yang banyak digunakan saat ini. Bisa kita lihat bahwa rumah-rumah modern saat ini banyak yang menggunakan lantai dengan model kayu. Seolah kembali lagi ke zaman dulu di mana rumah-rumah menggunakan material kayu mulai dari dinding penyekat hingga lantai. Namun, saat ini justru lantai dari kayu ini bisa memberi kesan yang menarik.

Penggunaan lantai dengan desain kayu ini cocok sekali diaplikasikan di rumah dengan konsep natural. Namun, Anda juga tetap bisa memadukan konsep natural tersebut dengan konsep yang lebih modern. Jadi, sebenarnya penggunaan model lantai seperti ini sangat fleksibel diaplikasikan di konsep rumah apapun.

 

Kelebihan

Sebelum menggunakan tipe lantai dengan bahan kayu, tentu Anda harus tahu apa saja kelebihan yang dimiliki. Berikut adalah beberapa kelebihan lantai dari kayu yang bisa Anda jadikan sebagai referensi :

 

1. Tahan Lama

Seperti kita tahu bahwa bahan kayu memiliki kekuatan yang cukup baik. Lantai dari material kayu bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama. Anda tak perlu khawatir dengan kualitas dan ketahanan lantai karena Anda bisa menikmatinya bahkan sampai 20 tahun lamanya. Jika memang warna kayu sudah memudar, Anda bisa melakukan recoating atau pengecatan ulang paling tidak selama 3 bulan sekali.

 

2. Lebih Hangat

Rumah-rumah di tempat yang udaranya dingin akan lebih memilih menggunakan lantai dari bahan kayu. Hal ini disebabkan material kayu bisa memberikan kehangatan untuk ruangan Anda. Dibandingkan lantai dari keramik, maka lantai dari kayu akan membuat ruangan menjadi lebih hangat dan nyaman.

 

3. Mudah Dibersihkan

Lantai kayu sangat mudah untuk dibersihkan. Anda cukup mengelap bagian kayu yang kotor. Anda juga bisa menggunakan sapu atau vacum cleaner untuk membersihkan debu-debu yang ada di lantai.

 

Kekurangan

Selain punya kelebihan, lantai dari material kayu ini juga memiliki beberapa kekurangan. Hal ini tentu juga harus dipertimbangkan sebelum Anda mantap menggunakan lantai dengan material kayu. Berikut adalah beberapa kekurangan dari lantai dengan material kayu :

 

1. Tidak Tahan Lembab

Seperti kita tahu bahwa kayu adalah jenis material yang tidak tahan lembab. Jika kondisi udara lembab maka material kayu akan mudah keropos. Oleh karena itu, Anda harus menjaga agar udara di sekitar lantai tidak lembab. Saat membersihkan lantai, jangan memakai pel basah namun pakailah vacum cleaner agar kayu tidak menjadi lembab.

 

2. Noda Cair Susah Dibersihkan

Untuk debu dan kotoran yang padat mungkin akan mudah dibersihkan dengan penyedot debu. Namun, untuk jenis noda cair akan lebih sulit dibersihkan. Noda cair seperti cat atau tinta akan langsung meresap ke kayu sehingga akan sulit untuk dihilangkan.

 

3. Perawatan Khusus agar Tidak Keropos

Material kayu sangat rentan keropos. Oleh karena itu diperlukan perawatan khusus sebelum pemasangan kayu agar tidak mudah keropos. Kondisi lingkungan juga tidak boleh lembab karena bisa menyebabkan lantai mudah keropos dan rusak.

Itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh lantai dari material kayu. Terlepas dari semua itu, sebenarnya lantai ini bisa memberi kesan yang menarik untuk rumah Anda. Apalagi sekarang banyak desain lantai dari material kayu yang bervariasi dan bisa disesuaikan dengan konsep serta model perabot di rumah Anda.

Anda juga bisa menggunakan lantai parquet untuk mendapatkan kesan natural dari material kayu di rumah Anda. Flooring kayu memang saat ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Jika Anda ingin menggunakan model lantai kayu seperti ini juga, maka pastikan Anda memilih material yang berkualitas dan menggunakan jasa pemasangan yang profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *