Sebelum Membeli Kaca Tempered, Ketahui 5 Hal Berikut!

Tips Membeli Kaca Tempered yang Baik

Bagi Anda yang ingin menyeka ruangan di rumah atau di kantor, biasanya akan disarankan menggunakan kaca. Namun, kaca yang digunakan pada sebuah konstruksi tidak semuanya memiliki kualitas yang sama. Bila Anda menginginkan yang terbaik, maka wajarlah bila memakai kaca yang terbaik pula. Dari semua jenis kaca, jenis kaca tempered adalah yang terbaik. Nah, sebelum membeli kaca ini, sebaiknya Ana juga tahu lima hal di bawah ini.

  • Fungsi Sesuai Bangunan dan Ruangan

Yang pertama, tentu saja Anda perlu mengetahui fungsi kaca penyekat tersebut. Beda bangunan, akan beda pula yang digunakan. Dalam bangunan rumah, misalnya, akan berbeda dengan kaca penyekat ruangan kantor. Di rumah pun, kaca yang digunakan tidaklah sama. Biasanya, ruangan yang paling sering diberikan sentuhan kaca adalah kamar mandi.

Kaca tempered kamar mandi ini berfungsi untuk menyekat ruangan agar terlihat lebih luas, juga enak dipandang. Jangan salah, kaca sebagai penyekat juga memiliki fungsi untuk memisahkan tilet dengan bathtub. Nah, kaca tempered kamar mandi ini selalu menjadi pilihan pertama sebagai penyekat elegan di kamar mandi.

 

  • Ketebalan Kaca

Anda perlu memerhatikan ketebalan kaca yang akan digunakan. Biasanya untuk kaca penyekat yang baik adalah dengan ketebalan dari 5 mm hingga 19 mm. Semuanya bisa digunakan sesuai kebutuhan dan tergantung dari ruangannya juga. Bila dirata-ratakan, maka tingkat ketebalan kaca yang baik adalah kaca tempered 12mm.

Dengan tingkat ketebalan yang tepat, maka kaca akan teruji dari segi keamanan serta ketahanannya. Anda tak perlu khawatir, karena kaca tempered 12mm ini memang sudah sering dianjurkan untuk digunakan saat memulai konstruksi bangunan. Namun, bila memang Anda menginginkan ketebalan yang lain, biasanya akan ada tempat yang menerima custom order dengan biaya tertentu.

 

  • Ukuran Kaca

Selanjutnya, Anda juga perlu memerhatikan ukuran kaca tempered. Setiap kaca yang akan dipasang, tentunya akan disesuaikan bukan hanya ketebalan,, tapi juga ukurannya. Anda tentu saja tak ingin bila nantinya kaca tersebut malah tidak bisa masuk ke dalam ruangan, atau malah kekecilan dan terlihat longgar saat ingin dipasang.

Karena itu, pastikan dahulu ukuran ruangannya, lalu sesuaikan itu dengan ukuran kaca yang ingin dipesan. Ukuran standar kaca biasanya adalah 2130 cm x 3045 cm. Ukuran ini berlaku untuk seluruh tingkat ketebalan kaca. Bila Anda memerlukan ukuran lain, bisa dipesan tersendiri lagi.

 

  • Kualitas

Berbicara mengenai kualitas kaca tempered glass, Anda harus pintar-pintar mencari tahu tempat belinya. Biasanya ahli konstruksi bangunan sudah tahu di mana dijual kaca yang berkualitas. Anda bisa mulai berdiskusi dengan ahli konstruksi Anda, dan mulai mempertimbangkan beberapa pilihan. Jangan hanya terpaku pada satu toko yang menjual kaca tempered glass, tapi Anda harus mencari referensi dan pilihan sebanyak-banyaknya.

 

  • Harga

Hal terakhir adalah mengenai harganya. Banyak yang mengatakan, ada harga ada kualitas. Anda juga perlu percaya akan hal ini. Bagi Anda yang baru kali ini ingin membuat ruangan dengan kaca penyekat, sebaiknya memilih kaca dengan harga sesuai budget. Jangan terlalu murah atau terlalu mahal juga. Yang penting, pintar-pintarlah memilih model yang cocok dengan ruangan tersebut.

 

Nah, semoga penjelasan di atas sudah semakin membuka wawasan Anda dalam hal memilih dan membeli kaca tempered yang pas. Ingat selalu untuk berdiskusi dengan ahlinya, dan jangan menentukan sendiri bila Anda belum memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup. Selamat mempraktikkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *